Senin, 28 Mei 2012


Amankah Makanan Pendamping ASI Si Kecil?

Keamanan pengolahan makanan pendamping air susu ibu di tingkat rumah tangga belum mendapat pengawasan dari pemerintah. Selama ini pemerintah lebih menitikberatkan pengawasan terhadap keamanan susu formula, makanan hasil olahan pabrik atau makanan jadi yang dijual di pasaran.
Makanan pendamping air susu ibu (MPASI) lokal (yang disiapkan di rumah tangga) jarang diamati keamanannya dari kontaminasi.

Pada prinsipnya, makanan yang tidak dipersiapkan dengan baik bisa terkontaminasi bakteri dan menimbulkan penyakit pada manusia. Dari seluruh kejadian diare, 90 persen menyerang anak di bawah usia lima tahun. Hal ini menguatkan dugaan bahwa makanan menjadi penyebab diare.
Hasil penelitian menunjukkan, lebih dari separuh responden menyajikan MPASI di rumah dengan tenggang waktu cukup lama, yaitu 120 menit (dua jam) lebih setelah makanan matang. Selain itu, responden juga menyajikan makanan dengan suhu kurang dari 45 derajat celsius. Padahal, makanan seharusnya disajikan pada suhu lebih dari 70 derajat celsius agar E coli mati.
Penyimpanan makanan di luar kulkas, misalnya di rice cooker, magic jar, atau tempat lain, juga berisiko membuat makanan terkontaminasi E coli. Ketika hendak dimakan, MPASI tidak dipanaskan lagi.
Faktor sanitasi lingkungan juga menjadi penyebab terkontaminasi makanan olehE coli. Masyarakat berisiko mengalami kontaminasi karena terbiasa mencuci peralatan makanan tidak pada tempat khusus cuci piring. Lebih dari seperempat penduduk di negara ini tidak memiliki jamban, kalaupun ada, jamban tanpa teknologi ”leher angsa” sehingga kotoran manusia di jamban tidak terisolasi. Mereka juga terbiasa membuang sampah sembarangan dan tidak memiliki pengolahan limbah rumah tangga.
Analisis terhadap titik-titik kritis penyajian MPASI, mulai dari bahan mentah, proses pengolahan, hingga penyajian, diharapkan bisa membuka jalan untuk penyusunan pedoman pengawasan. Pedoman itu nantinya dibagikan kepada petugas lapangan untuk mengawasi penyajian MPASI di rumah tangga.
Berikan Asupan Terbaik untuk Anak
Sempurnakan pertumbuhan anak Anda dengan nutrisi yang paling akslusif dari produk perlebahan, pollen. Pollen adalah serbuk sari jantan pada bunga, yang merupakan makanan para lebah sebagai sumber energi pada saat mereka bekerja.
Pollen kaya akan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Mulai dari karbohidrat: merupakan sumber energi bagi tubuh, protein/asam amino yangmerupakan zat pembangunan bagi pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan serta pengatur kelangsungan proses di dalam tubuh, enzim yang diperlukan untuk proses pencernaan makanan, hingga vitamin & mineral yang sangat penting untuk pertumbuhan, perkembangan, perbaikan, dan pemeliharaan sel tubuh, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Semua kebaikan dari pollen telah dikemas dengan cara spesial ala HD sehingga muncullah HDI Honeybee PollenS.
Pollen dalam HDI Honeybee PollenS mengandung lebih dari 200 jenis nutrisi, sehingga dikenal sebagai makanan yang sempurna dari alam. Dengan kandungan nutrisinya yang lengkap seperti asam amino, karbohidrat, enzim, vitamin dan mineral, pollen dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi penting dan dapat meningkatkan fungsi metabolisme tubuh Anda. Seluruh nutrisi ini dapat dengan mudah diubah menjadi energi, sehingga dapat meningkatkan tenaga dan stamina Anda.
Bahkan, Badan Olahraga Inggris pun telah menemukan bahwa para atlet yang mengonsumsi pollen secara teratur memiliki peningkatan stamina sebanyak 40-50%. Bee pollen terbukti dapat meningkatkan kinerja otak dengan cara meningkatkan jumlah sel darah merah yang sehat sehingga dapat meningkatkan suplai oksigen ke otak. Selain itu kandungan asam glutamat yang terdapat dalam bee pollen berfungsi membawa kalium ke otak sehingga dapat meningkatkan konsentrasi.
Bee pollen juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida sehingga melindungi dari masalah jantung . Manfaat bee pollen untuk anak-anak adalah selain kandungan nutrisinya yang lengkap yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan tubuh anak-anak , bee pollen juga dapat membantu meningkatkan kemampuan daya pikir serta konsentrasi anak-anak pada saat belajar. Bee pollen sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga anak-anak tidak mudah jatuh sakit.
Bee pollen begitu efektif, sehingga para peneliti pun terus berusaha untuk menciptakan bee pollen dalam laboratorium selama bertahun-tahun. Tetapi mereka gagal karena kombinasi nutrisinya yang unik, yang hanya dapat ditemukan di alam.
Berikan juga HDI Clover Honey, madu alami yang kaya dengan manfaat bagi anak Anda. Selain rasanya yang nikmat, kandungan zat-zat didalamnya terbukti mampu membuat kesehatan tubuh kian prima. Dengan mengonsumsi madu HDI Clover Honey, kesehatan pencernaan anak akan terjaga keseimbangannya.
INFO MEDIS >>
Risiko penyakit jantung pada pria dan wanita memang sama. Namun dalam hal gejala, berbeda.Gejala Sakit Jantung pada Wanita
Risiko penyakit jantung pada pria dan wanita memang sama. Namun dalam hal gejala, berbeda.
...Selengkapnya
Gejala diabetes diperlihatkan dengan kadar gula darah tinggi dan ketidakmampuan untuk memproduksi insulin.Pemicu Diabetes Tak Terduga
Gejala diabetes diperlihatkan dengan kadar gula darah tinggi dan ketidakmampuan untuk memproduksi insulin.
...Selengkapnya


INFO PRODUK >>
Dengan kehamilan terencana, perempuan juga bisa berkesempatan mengaktualisasikan diri sebagai individu dan menyejahterakan diri dan keluarganya.Perempuan Berhak Merencanakan Kehamilan
Dengan kehamilan terencana, perempuan juga bisa berkesempatan mengaktualisasikan diri sebagai individu dan menyejahterakan diri dan keluarganya.
...Selengkapnya
Hanya 10% dari 400 PDAM yang memproduksi air bersih bebas bakteri.Krisis Air Kian Mengkhawatirkan
Hanya 10% dari 400 PDAM yang memproduksi air bersih bebas bakteri.
...Selengkapnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar